9 Alasan Yang Menjelaskan Anda Harus Mulai Berinvestasi Saat Ini Juga

Spread the love

Meskipun pasar saham berdiri disekitar tingkat tertinggi sepanjang masa, hanya setengah dari sebagian warga Amerika yang saat ini tengah berinvestasi. Jadi, mengapa anda harus memulai berinvestasi di pasar saham saat ini juga?

Ada banyak alasan mengapa orang-orang tidak berinvestasi.

Skeptisisme dari resesi terakhir masih sangat tinggi. Orang-orang terintimidasi oleh gagasan lantai perdagangan dan pedagang yang menjerit. Sebagian besar dari semua, terdapat kurangnya pemahaman tentang bagaimana caranya untuk mendapatkan portofolio investasi saat anda memulainya.

Akan tetapi, berinvestasi di pasar saham sebenarnya cukup mudah. Terlebih lagi, hal ini sebenarnya adalah cara yang masuk akal untuk mengamankan masa depan finansial anda.

Hal yang baik adalah, jangan pernah terlambat untuk memulai investasi, tetapi disini adalah 9 alasan mengapa anda mungkin harus mulai lebih awal daripada menundanya.

  1. Bursa saham tidak membedakan

Siapapun dapat berinvestasi di pasar saham.

Jujur saya katakana disini, siapapun.

Yang anda butuhkan adalah modal uang kecil untuk memulai portofolio investasimu (beberapa saham mempunyai biaya kurang dari US$ 20) dan pemahaman yang sangat dasar tentang bagaimana pasar saham bekerja.

Dengan dua hal sederhana tersebut, anda bisa berada di jalur dan secara konsisten mendapatkan keuntungan serta investasi anda bertumbuh dalam waktu singkat.

  1. Investasi anda siap untuk bertumbuh

Bunga majemuk adalah – tak diragukan lagi – salah satu kendaraan yang menciptakan kekayaan paling cepat sepanjang masa. Bahkan Einstein pun kagum akan kekuatannya.

Tetapi dalam rangka untuk membuat sihir itu bekerja, anda harus memberikan waktu.

Ingat, bunga majemuk adalah bunga diatas bunga.

Misalnya kita ambil contoh – jika anda berinvestasi sebesar US$ 1.000 pada tingkat bunga 1%, setelah lewat tahun pertama maka anda akan memiliki US$ 1.100.

Dan uang yang anda investasikan setiap tahunnya, jumlah bunga yang anda dapatkan juga akan bertumbuh.

Oleh karena itu, semakin cepat anda mulai berinvestasi maka bunga majemuk akan terus bertumbuh.

  1. Saham bisa memberikan anda uang secara teratur

Selain pertumbuhan jangka panjang, saham juga dapat bertindak sebagai sumber penghasilan tetap.

Pemegang saham mendapatkan keuntungan modal dari kenaikan harga saham, dan beberapa perusahaan membagikan dividen berdasarkan penghasilan kepada pemegang saham mereka secara berkala.

Atau, jika anda memilih untuk berinvestasi didalam obligasi, mereka biasanya akan memberikan anda bunga tahunan.

  1. Anda tidak perlu mengambil saham individual

Jika anda tidak merasa cukup percaya diri untuk memilih saham individu, anda dapat selalu berinvestasi didalam dana indeks yang melacak pasar saham secara keseluruhan.

Investasi pasif semacam ini jauh lebih beresiko daripada sekuritas individual, dan tidak memerlukan penelitian yang panjang atau kepentingan apapun dalam operasi bisnisnya.

  1. Tidak berinvestasi bisa menjadi resiko yang besar

Tidak berinvestasi sebenarnya adalah resiko finansial pribadi.

Dengan tidak berinvestasi, uangmu tidak mendapatkan bunga dan kekayaan anda tidak akan bertumbuh. Meskipun fluktuasi harian dari pasar saham, portofolio yang kuat telah terbukti untuk melipatgandakan investasi awal anda dari waktu ke waktu.

Investasi dapat membantu anda menabung uang untuk masa pensiun, membeli rumah baru, bayar uang kuliah, memulai bisnis, dan setiap tujuan keuangan lainnya yang mungkin anda impikan.

  1. Fokus dan kendalikanlah hidup anda

Jika anda saat ini tidak mulai memikirkan tentang uang saat anda masih tergolong muda, sangat mudah untuk terjebak ke dalam hidup diluar kemampuan anda. Setiap orang perlu memahami situasi finansialnya dalam rangka untuk memutuskan seberapa banyak uang yang digunakan, seberapa banyak uang yang ditabung dan seberapa banyak uang yang diinvestasikan.

  1. Mandiri secara finansial

Hal ini tentu tidak bijaksana untuk bergantung kepada orang lain guna memupuk kekayaanmu. Masuk akal apabila anda membangun sarang telur sendiri sekaligus menjaga kesehatan finansialmu sendiri.

  1. Mencapai tujuan anda

Apa yang anda impikan saat ini? Setidaknya hal tersebut adalah motivasi anda untuk berinvestasi. Investasi terasa jauh lebih bermanfaat saat anda memiliki tujuan pribadi didalam pikiran, dan anda dapat membuat sesuatu terjadi bersamanya.

  1. Mendukung penyebab secara pribadi

Apakah anda percaya pada perusahaan atau masalah tertentu? Itu bisa menjadi alasan lain bagi anda untuk berinvestasi. Menurut seorang pengusaha social, “Investasi memberikan saya kemampuan untuk memilih tindakan terhadap uangku, memungkinkan mewujudkan sesuatu yang saya percayai”.

Jadi, begitulah kira-kira.

Investasi tidak harus berada didalam beberapa system yang berbelit-belit dan tidak dapat diakses dan dicadangkan untuk pakaian bertenaga tinggi dari Wall Street. Bahkan, investasi sebenarnya adalah cara yang sangat jitu untuk menghasilkan pendapatan tambahan untuk anda.

Dengan menginvestasikan uang anda secara cerdas dalam saham jangka panjang yang berbeda, semua hal yang perlu anda lakukan adalah duduk dan menyaksikan investasi anda bertumbuh. Bagi yang masih membutuhkan informasi lebih banyak lagi bisa melihat pedoman cara cepat kaya raya dari penghasilan tambahan dengan investasi online.